Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

smpn2bojonegoro Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang disebut atau lebih populer dengan Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

“Ada tiga tujuan mengapa umat Islam diharapkan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW “

Tujuan pertama dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad umat Islam harus bersyukur kepada Allah karena telah mengutus nabi Muhammad untuk menyebarkan Islam yang kedua umat Islam harus bersyukur kepada Nabi Muhammad karena telah mengajarkan Islam. Beliau telah melakukan perubahan besar yakni transformasi dari zaman kegelapan ke zaman penuh iman,”  yang ke tiga dengan diadakannya Maulid Nabi Muhammad SAW, diharapkan yang menyelenggarakan dan menghadiri perayaan tersebut dapat mencontoh dan meneladani sifat-sifat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW.

Dalam Acara Maulud Nabi Muhammad SAW kali ini SMP Negeri 2 Bojonegoro memiliki konsep yang out of the box yaitu menggunakan Bahasa Jawa dalam setiap interaksi dalam komunikasi selama acara. Mulai dari pembacaan list acara sampai tanya jawab menggunakan Bahasa Jawa. Dengan pelestarian yang tetap di jaga oleh keluarga SMP Negeri 2 Bojonegoro mengharapkan semua dapat melestarikan Bahasa Jawa secara berama-sama.

Bersamaan dengan acara Maulid Nabi Muhammad SAW SMP 2 Bojonegoro juga mengadakan acara penyerahan penghargaan untuk juara-juara Class Meeting sekolah. Sehingga dengan penyerahaan piala untuk teman-teman yang mendapatkan juara dapat meningkatkan semangat sportifitas dan jiwa bekerja keras dalam meraih impian setiap siswa-siswi SMP 2 Bojonegoro.

 

Leave a Reply