lomba-penelitian-siswa-nasional-juara-3

Penerapan Karakter Pancasila Di SMP Negeri 2 Bojonegoro

Mengulas tentang penerapan karakter yang sesuai dengan pancasila merupakan target utama di SMP Negeri 2 Bojonegoro. Dengan panduan Pancasila dalam mendidikan para siswa dan siswi sehingga meraka dapat menjadi insan berbangsa dan bermasyarakat sesuai pancasila.

Melalui Fastival HAM 2016 saya mengulas tentang mengembangkan dan mewujudkan karakter pancasila dari sila 1 sampai 5. Saya mulai dengan sila 1 yaitu dengan menumbuhkan karakter Religius dan toleransi dalam setiap pelaksanaan belajar dan mengajar seperti mengadakan acara Musik Islami dan Mengaji Al Quran rutin bagi islam dan hari jumat ada pengembangan untuk agama lain. Setelah itu kita juga memupuk toleransi warga SMP Negeri 2 Bojonegoro dengan saling menghargai Ras, Suku dan Agama orang lain agar toleransi sebagai masyarakat terus terpelihara.

Untuk sila 2 SMP Negeri 2 Bojonegoro terus mengembangkan jiwa sosial di dalam diri semua warganya dengan mengadakan gerakan sosial serta gerakan jalan sehat anti narkoba agar masyarakat bojonegoro dapat mendapatkan manfaat dari garakan sosial ini. Pihak siswa juga di giring untuk saling membantu,berbagi dan belajar dengan anak berkebutuhan khusus. Untuk sila 3 SMP Negeri 2 Bojonegoro memupuk karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air dengan rutin mengadakan upacara bendera dan melantunkan lagu nasional setiap pagi. Tidak lupa pula dengan mengadakan lomba-lomba berhubungan dengan indonesia agar siswa-siswi tergugah jiwa nasionalisnya.

Dalam sila 4 jiwa demokrasi, musyawarah serta tanggung jawab merupakan karakter pokok pedoman dalam setiap pembelajaran. Sehingga pemilian ketua osis selalu diadakan setiap tahun serta menggunakan deban kandidat agar semakin memberi bekal untuk siswa dalam berpolitik. Musyawarah selalu di tanamkan dalam pembelajaran kelompok dan di bekali tanggung jawab agar mereka dapat mempresentasikan hasil musyawarah dengan percaya diri.

Untuk yg terakhir sila 5 SMP Negeri 2 Bojonegoro dengan cara menumbuhkan karakter kerja keras, saling menghargai pendapat dan tidak boros dengan membekali mereka ilmu budi daya dan pemanfaatan limbah menjadi barang – barang yang dapat bermanfaat untuk orang lain. Mereka juga selalu di pupuk bekerja keras dalam tim maupun individu agar mereka dapat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sedikin ulasan tentang Penumbuhan karakter sesuai Sila Pancasila untuk Festival HAM 2016 semoga bermanfaat untuk kita semua. Jiwa Indonesia adalah Pancasila jika kita dapat menguasai karakter pancasila dalam diri kita maka kita adalah masyarakat indonesia yang sebenararnya.

untuk dibawah ini ada video singkat dari SMP Negeri 2 persembahan untuk Festival HAM.

 

Leave a Reply