cover-lari

Olahraga Lari SMPN 2 Bojonegoro

smpn2bojonegoro Olahraga Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno. Semua orang pasti tahu bahwa ini merupakan salah satu olah raga yang sederhana dan banyak manfaatnya untuk tubuh. Untuk melakukan ini kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ataupun peralatan. Kita hanya perlu menyiapkan waktu luang serta niat untuk melakukannya. Jika teman-teman termotivasi atau ingin melakukan olahraga lari berikut beberapa tips olahraga lari untuk teman-teman sekalian :

  1.  Siapkan baju untuk persiapan kalian karena baju yg nyaman akan membantu kalian untuk menikmati olahraga lari kalian. Kamu bisa memakai kaus sederhana yang nyaman dengan bahan yang menyerap keringat, seperti katun. Bila kamu semakin serius menekuni olahraga lari, kamu bisa berinvestasi dengan membeli pakaian dengan teknologi khusus. Untuk teman-teman, jika ingin olahraga lari semakin nyaman dan menyenangkan perlu di tambah dengan sepatu yg pas dan enak di pakai sehingga selama olahraga tidak terganggu oleh hal tersebut.
  2. Jangan lupa sebelum  olahraga lari melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu setidaknya 4-7 menit cukup. Dengan melakukan pemanasan kecil ini dapat mengurangi resiko cidera karena otot belum siap. Jangan lupa setelah berlari jangan langsung duduk atau bahkan berhenti total sebaiknya melakukan pendinginan terlebih dahulu sehingga otot akan kembali pulih seperti sebelumnya.
  3. Peraturan umumnya jangan mengkonsumsi makanan berat 2 jam sebelumnya. Jika memang kalian sudah merasa sangat lapar dan ingin makan sebaiknya mengkonsumsi cemilan ringan seperti pisang sekitar 15-20 menit sebelumnya merupakan pilihan yg bagus. Setelah siap semua jangan lupa membawa botol air minum agar menghindari dari hidrasi dan menjaga konsentrasi tubuh di waktu olahraga. Namun perlu di perhatikan teman-teman jangan mengkonsumsi hidrasi terlalu berlebihan karena akan malah mengganggu olahraga anda.
  4. Bagi teman-teman yg masih pemula tiap sesi awal sebaiknya jangan melebihi 30 menit , sebanyak 3 kali dalam 1 minggu. Frekuensi ini merupakan rekomendasi umum agar tercipta tingkat kebugaran yg bagus.

Sekarang kita ajak teman-teman dan saudara untuk bersama-sama olahraga bersama sehingga semua orang dapat mengoptimalkan kebugaran tubuh dengan cara yg sederhana dan menyenangkan. Jika teman-teman memulainya di musim penghujan jangan lupa membawa jas hujan agar kita tidak bingung dan repot-repot ketika hujan deras datang.

Leave a Reply