cover

Ceramah dan Dialog Al-Islam

smpn2bojonegoro : Tahun baru Hijriyah jatuh setiap tanggal 1 Muharram dalam kalender Islam. Dalam sejarahanya, tahun pertama Hijriyah ditetapkan oleh Umar bin Al-Khattab untuk menandai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah di tahun 622 sesudah masehi. Untuk tahun ini, Tahun baru Hijriyah 1438 jatuh pada hari Minggu tanggal 2 Oktober 2016

Untuk memeringati tahun baru hijriyah SMPN 2 Bojonegoro menyelenggarakan Ceramah dan Dialog Al-Islam dengan mengharapkan acara ini dapat bermanfaat untuk seluruh keluarga muslim. Dengan tema “”Dengan Memperingati Tahun Baru 1438 Hijriyah, Kita Kembangkan Bakat Dan Prestasi Siswa Yang Berkarakter Religius “. Dengan pembicara Ustadzah Siti Andiyah  menyampaikan beberapa hal mengenai bagaimana cara kita agar dapat terus berprestasi dan sukses dengan berkarakter mukmin yg kuat.

Acara diawali dengan melantunkan lagu-lagu islami di iringi dengan rebana sangat indah jika di dengarkan. Setelah melantunkan syair-syair islam dilanjutkan dengan membaca al quran dan setelah itu sekaligus di buka sesi ceramah dari ustadzah Siti Andiyah menyampaikan dalam ceramah ini adalah pelajaran paling mahal yang didapat dengan memanfaatkan sholat tahajut agar kita di tempatkan di tempat tertinggi didunia dan diakhirat. Sama halnya dengan Isra’ Mi’raj bahwa tidak semua dapat masuk akal ada beberapa yg dapat kita wujudkan atau mudah di hijabahi dengan sering dan rajin menunaikan sholat tahajut di sepertiga malam.

Agar ceramah lebih interaktif di gabung dengan dialog islami menggunakan bahasa inggris. acara di awali dengan sambutan dalam bahasa inggris oleh moderator Ibu Jazilah dan di teruskan dengan penyampaian pertanyaan dari siswa-siswi dengan menggunakan bahasa inggris. Para siswa-siswi sangat antusias dengan sesi ini dengan melihat banyaknya siswa yg bertanya dan rela antri untuk bertanya. Didalam acara ini di lengkapi acara welas asih dengan berbagi rizki untuk teman-teman yg zatim/piatu agar ilmu yg kita dapatkan dapat di sempurnakan pribadhi yg welas asih.

 

Diakhir ceramahnya Ustadzah Siti Andiyah berpesan untuk menjadi orang yang sholeh, sederhana dan tawaduk, manusia juga diwajibkan untuk terus mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Semoga acara ceramah dan dialog ini bermanfaat untuk semua orang dan khususnya untuk warga SMPN 2 Bojonegoro.

 

Leave a Reply